Tim Basket NTB Diharapkan Lolos ke PON 2024

Bali – Tim basket NTB diharapkan mencetak sejarah pertama kalinya lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON). Harapan itu muncul setelah melihat kiprah tim basket putra NTB dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bola Basket 5×5 Babak Kualifikasi PON XXI yang saat ini sedang berlangsung di GOR Merpati Denpasar – Bali, 1-8 Oktober 2023.

Pada Kejurnas Basket yang sebelumnya bernama Pra PON itu, tim basket putra NTB sudah melakoni tiga pertandingan grup. NTB sukses memenangkan dua pertandingan dan kalah sekali. Dua kemenangan NTB diperoleh dari Sulawesi Tengah (74-53) dan Papua Tengah (84-56).

Dalam pertandingan ketiga yang digelar Jumat (6/10/2023) pagi, tim basket putra NTB yang dilatih Ahmed Zaky, hanya sekali kalah dari Jawa Tengah. Itu pun dengan angka tipis, yaitu 78-79. Di pertandingan ketiga ini, tim basket NTB tampil luar biasa untuk terus menekan Jawa Tengah yang diperkuat banyak pemain nasional.

Tim Basket Pra PON NTB memberikan perlawanan ketat kepada Jawa Tengah dalam usahanya untuk lolos ke PON 2024. Daya juang yang diperlihatkan itu seperti memberikan harapan bahwa NTB bisa berbuat banyak di pertandingan mereka berikutnya.

Hasil dua kali menang dan sekali kalah itu memberikan harapan bagi NTB kala melakoni pertandingan berikutnya, Sabtu dah Minggu. Kedua lawan mereka adalah Gorontalo dan Sulawesi Utara. Dan untuk bisa lolos ke PON 2024, NTB harus berjuang memenangkan dua game penentu ini.

Ketua Umum Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) NTB, Mohammad Shalahuddin, sangat mengapresiasi perjuangan tim basket NTB yang begitu gigih ingin memberikan yang terbaik dalam Kejurnas ini. Ia hadir langsung di GOR Merpati, memberi semangat para pemain basket NTB yang rata-rata berusia 23 tahun ke bawah.

Baca Juga :  Pendidikan dan UKW Program Prioritas Kepemimpinan Hendry Ch Bangun

“Saya sangat bangga dengan para pemain dan seluruh ofisial. Para pemain berjuang gigih. Mental mereka sangat tangguh berkompetisi dalam persaingan dengan tim-tim kuat dari Jawa,” kata Mohammad Shalahuddin.

Kejurnas Bola Basket 5on5 Babak Kualifikasi pra PON di Bali ini diikuti oleh 28 tim Putra dan 22 tim Putri. Untuk kategori putra diikuti 27 provinsi. Sementara kategori putri diikuti 22 provinsi. Dari Kejurnas ini tim terbaik akan lolos ke PON. Di PON 2024 nanti terdapat 10 tim yang akan berkompetisi. Dua slot sudah menjadi milik tuan rumah. Dengan demikian, Kejurnas di Bali ini memperebutkan 8 tiket ke PON. PUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *