IMI NTB Berharap MiniGP Indonesia Series Lahirkan Pembalap Dunia dari NTB

Mataram, Lombokboss.- Ikatan Motor Indonesia (IMI) NTB menyambut gembira program IMI Pusat bersama FIM dan Dorna Sport, yang akan menyelenggarakan FIM MiniGP tahun 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah.

Ketua IMI NTB, M. Nur Haedin, mengatakan ini momentum yang luar biasa bagi masyarakat NTB, terutama para atlet balap motor berbakat NTB. “Tentunya IMI NTB bertekad mewujudkan mimpi besar bagaimana suatu saat nanti akan ada pembalap hebat dari NTB yang beberapa tahun ke depan ikut dalam perhelatan dunia sekelas MotoGP, Motto2 dan WSBK,” tutur Edo, sapaan M. Nur Haedin, di Mataram.

Menurut Edo, tentunya mimpi besar ini harus diikuti kesungguhan menyiapkan pembalap berbakat sejak dini dengan rencana, strategi yang pas dan dukungan semua pihak termasuk meyakinkan sponsor dan dukungan penuh dari Pemerintah Pusat, Pemprov NTB serta Pemkab/Pemkot terhadap pembinaan pembalap berbakat. Bahkan harus menyiapkan anggaran sebagai investasi. Dana untuk berlatih, tryout, mengikuti kejuaraan nasional, kejuaraan Asia, tour kejuaraan kelas dunia. Bahkan diberi kesempatan training khusus peningkatan skill untuk menjadi pembalap MotoGP.

“Karena kalau pembalap NTB berhasil ke arena MotoGP dan kejuaraan dunia lainnya akan memberi dampak luar biasa serta mengharumkan nama Indonesia dan NTB di tingkat dunia. Kami memiliki puluhan atlet berbakat usia dini, remaja yang berprestasi. Kini sedang terus berlatih. Mereka sering mengikuti kejuaraan-kejuaraan nasional dan ada yang sudah ikut Asia Talent. Saat ini ada beberapa atlet yang mulai mencoba motor sport,” ungkap Edo.

IMI NTB salut dan bangga dengan IMI Pusat di bawah komando Ketua Umum H. Bambang Soesatyo, yang terus berjuang membangun sinergi kuat dengan FIM dan Dorna Sport agar event-event dunia digelar di Sirkuit Mandalika.

Baca Juga :  PENGURUS PUSAT JMSI DIKUKUHKAN HARI INI

Dalam keterangannya, Ketua MPR RI itu mengungkapkan mulai tahun 2022, IMI bersama Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna Sports sebagai penyelenggara MotoGP, akan menyelenggarakan FIM MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP di Mandalika, sebagai ajang pencarian bakat pembalap muda Indonesia untuk bisa berlaga dalam ajang MotoGP.

“FIM dan Dorna Sport telah mengenalkan event baru, FIM MiniGP World Series, kejuaraan balap motor dunia yang diikuti pembalap muda usia 10 hingga 14 tahun. Berbagai negara yang ingin berpartisipasi, terlebih dahulu harus menyelenggarakan Series FIM MiniGP di negaranya masing-masing. Pemenang dari masing-masing negara mengikuti final FIM MiniGP World Series, yang pada tahun 2022 rencananya diselenggarakan di Valencia, Italia. Kejuaraan ini menjadi gerbang pembuka bagi para talenta muda Indonesia menuju pentas bergengsi MotoGP,” ujar Bamsoet dalam konferensi pers persiapan penyelenggaraan MiniGP Indonesia Series – Road to MotoGP, di Jakarta, Kamis (2/9/2021) lalu. PUR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *