Lagi, 4 Organisasi Penghijauan di Lombok Barat

LOMBOK BARAT—Lagi, 4 organisasi yaitu, Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI NTB), Poo Hwa Kong atau Perkumpulan Sosial Bakti Mulya (PSBM), Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) dan UPTD Kesyahbandar Pemenang mengadakan penghijauan di Desa Gelangsar Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, hari Minggu (6/6) 2021. 

Ketua Harian INTI NTB, S Widjanarko mengatakan hampir sebulan ini, INTI NTB sudah melaksanakan penghijauan di 3 kabupaten, yakni Lombok Utara, Lombok Tengah dan Lombok Barat. ‘’Ini merupakan salah satu program INTI bekerjasama dengan Pemerintahan Desa setempat,’’ jelasnya seraya menambahkan untuk penghijauan ditanam 100 pohon dan juga untuk bakti sosial disediakan sepatu, parfum, sandal, baju, selimut tipis, selimut tebal dan handuk.

Asisten 1 Setda Pemprov NTB, Dra Hj Bq Eva yang juga pembina INTI NTB menyambut baik penghijauan yang sudah dilaksanakan di 3 Kabupaten. ‘’Tapi harus memakai Prokes 19 yakni 5 M,’’ ingatnya. 

Eva meminta agar aparat desa dan masyarakat terus memelihara dan merawat pohon yang sudah ditanam. ‘’Kita akan monitor dan sesekali memeriksa tanaman ini dan agar dirawat dan dipelihara Pak Kades,’’ pintanya.

Ketua IWAPI NTB, Hj Bq Diyah Ratu Ganefi mengatakan kepedulian IWAPI untuk pelestarian lingkungan terus dilakukan secara kontinyu. ‘’Kita menyupport untuk penanaman pohon secara bersama-sama,’’ ujarnya yang datang bersama 11 pengurus IWAPI NTB. 

Sekretaris PSBM, Along juga nampak semangat dengan didampingi bendahara Eddy Lo yang terlibat langsung penghijauan di jalan baru Gelangsar. Sementara tokoh masyarakat, Hendy Kang juga tak kalah gesit ambil bagian menanam pohon kenari, ketapang, kencana, ekor tupai dan lain-lain di sepanjang jalan baru Gelangsar.

Kepala Desa Gelangsar, Abd Rahman SPd.I. menyambut gembira apa yang dilaksanakan 4 organisasi untuk penghijauan dan baksos ini. ‘’Terima kasih telah memilih desa kami untuk lokasi baksos ini,’’ ujarnya. 

Baca Juga :  Harga Minyak Dunia Masih dibayangi Kekhawatiran Terhadap Lonjakan Kasus Covid-19

Syahbandar Pemenang, Heru Supriyadi menambahkan penghijauan ini tak lepas dari pentingnya pohon dan tanaman sebagai penyedia oksigen. Disamping untuk melestarikan sumber mata air dan mencegah banjir. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *