Bangganya Ketum KONI NTB, Atlet NTB Bikin Sejarah di SEA Games 2019

Mataram, Lombok Boss.- Sukses para atlet NTB yang berhasil mempersembahkan 9 medali untuk Indonesia di SEA Games XXX di Manila, Filipina disambut penuh suka cita oleh masyarakat NTB. NTB menyumbang 5 medali emas, 2 perak dan 2 perunggu untuk melengkapi perolehan 69 emas, 76 perak, 102 perunggu Indonesia (hingga pukul 14.00 Wita, Senin) di pesta olahraga terbesar negara-negara Asia Tenggara itu.

Oleh Ketua Umum KONI NTB, H Andy Hadianto, persembahan 9 medali SEA Games itu bahkan disebutnya sebagai kado terbaik bagi NTB yang pada 17 Desember 2019 nanti, akan merayakan HUT-nya yang ke-61. “Alhamdulillah. Mereka (atlet-atlet NTB) tampil luar biasa di SEA Games. Bersyukur kepada Allah, atas sembilan medali yang dipersembahkan atlet-atlet kita untuk Indonesia,” katanya.

Terkhusus, raihan 5 emas itu juga menjadi sejarah bagi NTB, dimana hal itu tidak pernah terjadi semenjak SEA Games dilaksanakan dan melibatkan atlet asal NTB di dalamnya. “Bangga sekali. Atlet NTB mengukir sejarah baru. Sejak SEA Games dilaksanakan, baru kali ini atlet NTB yang masuk Kontingen Merah Putih mampu mempersembahkan 5 emas, ditambah 2 perak dan 2 perunggu,” ungkap Andy Hadianto.

Sebagaimana diketahui, pada SEA Games yang berlangsung 30 Nopember – 11 Desember 2019, di Manila, Filipina, sebanyak 12 atlet NTB dipanggil membela Kontingen Merah Putih. Ke-12 atlet itu adalah: 1. Sapwaturrahman (Sumbawa) dari cabang olahraga (cabor) atletik, 2. Putu Dini Jasita Utami (Mataram) / voli pasir, 3. Dhita Juliana (Mataram) / voli pasir, 4. Desi Ratnasari (Mataram) / voli pasir, 5. Allysah Mutakharak (Mataram) / voli pasir, 6. Danangsyah Yudistira Pribadi (Dompu) / voli pasir, 7. I Gusti Bagus Saputra (Mataram) / BMX, 8. Ahmad Zigi Zaresta Yuda (Lombok Barat) / karate, 9. Endang (Sumbawa Barat) / tinju, 10. Huswatun Hasanah (Sumbawa Barat) / tinju, 11. Chairil Anwar Hamzah (Dompu) / selancar ombak, 12. Ahmad Rifqi Mukhlishin (Mataram) / menembak.

Baca Juga :  Kadispora NTB Buka Resmi Pelaksanaan Pelatda NTB 2022

Hasilnya sangat membanggakan. Di Filipina, 11 atlet sukses mempersembahkan medali untuk Indonesia. Satu-satunya atlet NTB yang gagal, adalah Bagus Saputra (BMX). Tentunya ini membuktikan bahwa pihak-pihak yang peduli dengan olahraga daerah, sangat fokus mencurahkan pikiran dan tenaganya demi prestasi olahraga NTB. Mereka telah bekerja sangat keras dan melalui proses cukup panjang.

Medali emas SEA Games 2019 masing-masing persembahkan Danangsyah Yudistira dari cabor voli pasir beregu putra, Ahmad Zigi Zaresta Yudha dari nomor kata individual karate, Ahmad Rifqi Mukhlisin dari cabor menembak, Sapwaturrahmannomor lompat jauh atletik dan Chairil Anwar dari cabor selancar ombak.

Selain raihan 5 medali emas, 2 medali perak dan 2 perunggu juga dipersembahkan atlet NTB. Dua medali perak dari tim voli pasir putri beregu yang diperkuat empat atlet NTB, yaitu Putu Dini, Dhita Juliana, Desi Ratnasari dan Allysah Muktaharah dan satu perak lagi dari cabor tinju putri atas nama Endang. Terakhir, 2 medali perunggu disumbang Huswatun Hasanah dari cabor tinju putri dan Sapwaturrahman lagi dari atletik nomor lompat jangkit. WAN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *